Cara Menghilangkan Radikal Bebas Dalam Tubuh

Cara Menghilangkan Radikal Bebas Dalam Tubuh

Radikal bebas

Radikal bebas

 

Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron, sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain. Radikal bebas dapat dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat kimiawi dalam makanan dan polutan lain. Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata. Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung dan kanker. Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan.

Dampak Radikal Bebas

Agar fungsi fisiologis berjalan dengan baik, perlu adanya keseimbangan antara kadar radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh, namun jika kadar radikal bebas melampaui kemampuan tubuh untuk mengelolanya, maka akan timbul kondisi yang disebut stres oksidatif (oxidative stress). Radikal bebas dapat menyerang dan menyebabkan kerusakan pada berbagai sel tubuh. Asam nukleat, lipid, dan protein adalah unsur-unsur yang bisa terkena dampaknya. Berikut ini beberapa dampak radikal bebas terhadap tubuh:

  • Stres oksidatif menjadi faktor utama penyebab inflamasi, seperti sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa, artritis, penyakit iskemik (stroke dan sakit jantung), tekanan darah tinggi, preeklamsia, Alzheimer, dan banyak penyakit lain.
  • Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Sementara radikal bebas dapat menyerang organ dalam, seperti radikal bebas pada rokok menyerang sel paru-paru.
  • Kanker dan aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah adalah dua pembunuh utama yang dikaitkan dengan serangan radikal bebas.
  • Penelitian menemukan bahwa radikal bebas menyebabkan kerusakan sel yang erat hubungannya dengan penuaan.

Kunci untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas adalah dengan menjalani pola makan sehat dengan bahan makanan yang kaya dengan antioksidan, seperti aneka buah dan sayur segar.

 

AKIBAT RADIKAL BEBAS YANG BERLEBIHAN ?

Radikal bebas dapat merusak berbagai senyawa kimia yaitu asam amino bebas,protein,lipoprotein,didrat aran lipid,asam nukleat dan terganggunya fungsi:

  1. Membrane sel teutama komponen penyusun membrane yang berupa asam lemak tak jenuh,merupakan bagian dari fosolipid glikolipid dan kolesterol. Asam lemak tak jenuh sangat mudah di ikat oleh radikal bebas dengan membentuk suatu radikal bebas lipida. Dalam suasana aerob radikal bebas lipida bereaksi dengan molekul oksigen membentuk radikal bebas radikal lipid perolsida.,selanjutnya akan mengikat atom hydrogen dari asam lemak tak jenuh,sehingga terbentuk lipida hiperoksida yang akan dapat merusak bagian sel dimana hidroperoksia berada. Dalam tubuh radikal bebas lipida akan terurai antaralain menjadi malondialdehida. Ini merupakan indicator bahwa dalam tubuh terdapat radikal bebas. Akibat kerusakan pada bagian dalam pembuluh darah akan memudahkan pengendapan berbagaio zat pada bagian yang mengalami kerusakan,termasuk kolesterol,sehingga dimungkinkan akan timbul athersklerosis.
  2. Radikal bebas dapat mengakibatkan perubahan fluiditas membrane sel,sehingga transport antar membrane di dalam sel dan mekanisme sel terganggu.
  3. Dapat melumpuhkan system enzim di dalam membrane maupun reseptor sehingga seluruh rangkaian metabolism terganggu
  4. Kerusakan protein,telah diketahui bahwa asam amino dan protein bereaksi dengan radikal bebas,yang akan mengakibatkan kerusakan pada jaringan dimana protein berada. Diantara asam-asam amino penyusun protein yang paling rawan adalah sistein. Sistein mengandung gugusan sulfhidril(SH) yang sangat peka terhadap serangan radikal bebas seperti radikal hidroksil.
  5. Radikal bebas merupakan salah satu sebab terjadinya mutasi spesifik pada DNA yang akan dapat menyebabkan penyakit kanker. Kerusakan dapat terjadi pada awal fase transisi dan permanen. Radikal hidroksil dapat menimbulkan berbagai perubahan pada DNA yang antara lain berupa:hidrosilasi basa timin dan sitosin,pembukaan inti purin dan pirimidin serta terputusnya rantai fosfodiester.
  6. Radikal bebas akan dapat merusak lipid sehingga terbentuk lipid peroksida yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.
  7. Radikal bebas dapat menyebabkan autoimun. Pada keadaan normal antibody terbentuk bila ada antigen yang masuk dalam tubuh. Adanya anti bodi untuk sel tubuh akan dapat merusak jaringan tubuh dan sangat berbahaya.
  8. Radikal bebas dapat merubah tonus otot pembuluh darah. Anion superoksida secara tidak langsung dengan inaktivasi sindhotelium-derived relaxing factor(EDRF) atau dengan merusak repinephrin. Radikal bebas hidriksil menyebabkan vasodilatasi dengan bekrja langsung pada otot polos,pembuluh darah dan merangsang sel endothelium untuk melepaskan “nonprostanoid relaxing factor”
  9. Radikal bebas oksigen sangat berperan pada gagal jantung. Pada gagal jantung terjadi gangguan dari interaksi miokrad. Radikal bebas oksigen akan mencegah ikatanCa” oleh rreticulum sarcoplasma miosit sehingga dapat menurunkan kemampuan kontraksi dari jantung.
  10. Oksigen reaktif merupakan oksidan yang kuat. Dampak negative timbul Karen reaktivitasnya sehingga dapat merusak komponen sel yang penting untuk mempertahankan integritas dan kehidupan sel.sedangkan diantara oksigen reaktif yang paling berbahaya adalah radikal hidroksil yang dapat merusak tiga senyawa penting untuk mempertahankan integritas sel yaitu:asam lemak,DNA,dan protein.

Jenis Radikal Bebas Ancam Manusia

  • Asap rokok : Oksidan dalam rokok mempunyai jumlah yang cukup untuk memainkan peranan yang besar terjadinya kerusakan saluran napas. Telah diketahui bahwa oksidan asap tembakau menghabiskan antioksidan intraseluler dalam sel paru (in vivo) melalui mekanisme yang dikaitkan terhadap tekanan oksidan. Diperkirakan bahwa tiap hisapan rokok mempunyai bahan oksidan dalam jumlah yang sangat besar, meliputi aldehida, epoxida, peroxida, dan radikal bebas lain yang mungkin cukup berumur panjang dan bertahan hingga menyebabkan kerusakan alveoli. Bahan lain seperti nitrit oksida, radikal peroksil, dan radikal yang mengandung karbon ada dalam fase gas. Juga mengandung radikal lain yang relatif stabil dalam fase tar. Contoh radikal dalam fase tar meliputi semiquinone moieties dihasilkan dari bermacam-macam quinone dan hydroquinone. Perdarahan kecil berulang merupakan penyebab yang sangat mungkin dari desposisi besi dalam jaringan paru perokok. Besi dalam bentuk tersebut meyebabkan pembentukan radikal hidroksil yang mematikan dari hidrogen peroksida. Juga ditemukan bahwa perokok mengalami peningkatan netrofil dalam saluran napas bawah yang mempunyai kontribusi pada peningkatan lebih lanjut konsentrasi radikal bebas.
  • Polusi Udara Polusi dari kendaraan bermotor, industri, asap rokok, mesin foto copy, pendingin ruangan, dan makanan yang tidak sehat, merupakan sumber radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh manusia. Selain itu, proses alami respirasi dan fungsi metabolisme yang buruk di dalam tubuh, juga menjadi penyebab internal meningkatkan radikal bebas dalam tubuh.
  • Radiasi UV Matahari memancarkan sinar dengan radiasi panjang gelombang dengan rentang yang sangat lebar, tetapi yang masuk ke bumi dan mendapat perhatian khusus adalah sinar Ultra Violet, sinar ini memiliki rentang panjang gelombang 180 – 380nm atau seringkali disebut 200-400nm. Sinar UV memiliki energy yang cukup besar untuk dapat mengeksitasi electron, karenanya dapat memicu bahkan menimbulkan radikal bebas dalam tubuh terutama kulit. Sinar UV yang masuk ke bumi dibagi menjadi dua yaitu: ultraviolet A (UV-A) dan ultraviolet B (UV-B). UV A adalah radiasi pada daerah 320-360 nm. UVA lebih mudah untuk berpenetrasi ke dalam lapisan kulit terdalam dibandingkan dengan UVB, UVA tidak dapat tersaring oleh gelas dan diperkirakan sekitar 50% dari pemaparan UVA timbul dalam tempat teduh. Pemaparan terhadap UVA dapat menyebabkan photoaging serta fotodermatosis akut dan kronik. UV B adalah radiasi pada daerah 290-320 nm. Lebih besar energinya, dapat menimbulkan efek seperti eritema, udema, tanning, penipisan lapisan epidermis dan dermis, dan sintesis vitamin D. Pemaparan kronis terhadap UV B dapat menghasilkan photoaging (efek penuaan kulit oleh cahaya), imunosupresi, dan fotokarsinogenesis. Keduanya berhubungan dengan imunosupresi dan karsinogenesis. Energi dari Sinar UV diabsorbsi oleh kulit dapat menghasilkan senyawa kimia baru seperti 6’,4’-DNA fotoproduk, radikal bebas dan lain sebagainya. Absorbsi ini dan diikuti oleh konversi energi yang berperan pada proses pembentukan etiologi kanker kulit dan photoaging
  • Olahraga berlebihan. Olahraga berlebihan akan membuat tubuh membutuhkan suplai oksigen yang sangat banyak, sehingga peningkatan ini akan memicu timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Jika gaya olahraga semacam ini dilakukan dengan frekuensi yang sering, maka akan terjadi penumpukan radikal bebas dalam tubuh. Peningkatan pembentukan radikal bebas dalam aktivitas olahraga dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu oleh rusaknya jaringan otot akibat dari gerakan-gerakan yang bersifat eksposif. Olah raga dengan intesitas tinggi dan durasi lama ternyata juga terbukti dapat menimbulkankerusakan sel. Konversi radikal bebas lemah (superoxide) menjadi radikal bebas yang lebih merusak (hydroxyl) oleh akumulasi asam laktat otot serta dari peningkatan metabolisme energi yang meningkatan jumlah molekul oksigen (O2) di dalam tubuh. Ketidakseimbangan antara jumlah radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh dengan kapasitas kemampuan antioksidan alami tubuh untuk ‘menjinakannya’ dapat menyebabkan kondisi yang disebut sebagai stres oksidatif (oxidative stress). Stress oksidatif yang dipicu oleh peningkatan jumlah radikal bebas di dalam tubuh akibat dari peningkatan metabolisme energi , kualitas udara yang buruk ataupun sebab lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada sel, jaringan dan organ tubuh.
  • Pestisida Pestisida kimia merupakan bahan beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, hal ini disebabkan pestisida bersifat polutan dan menyebarkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti mutasi gen dan gangguan syaraf pusat. Disamping itu residu kimia yang beracun tertinggal pada produk pertanian dapat memicu kerusakan sel, penuaan dini dan munculnya penyakit degeneratif.
  • Obat-obatan : Beberapa macam obat dapat meningkatkan produksi radikal bebas dalam bentuk peningkatan tekanan oksigen. Bahan-bahan tersebut bereaksi bersama hiperoksia dapat mempercepat tingkat kerusakan. Termasuk didalamnya antibiotika kelompok quinoid atau berikatan logam untuk aktifitasnya (nitrofurantoin), obat kanker seperti bleomycin, anthracyclines (adriamycin), dan methotrexate, yang memiliki aktifitas pro-oksidan. Selain itu, radikal juga berasal dari fenilbutason, beberapa asam fenamat dan komponen aminosalisilatdari sulfasalasin dapat menginaktifasi protease, dan penggunaan asam askorbat dalam jumlah banyak mempercepat peroksidasi lemak.
  • Radiasi : Radioterapi memungkinkan terjadinya kerusakan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radiasi elektromagnetik (sinar X, sinar gamma) dan radiasi partikel (partikel elektron, photon, neutron, alfa, dan beta) menghasilkan radikal primer dengan cara memindahkan energinya pada komponen seluler seperti air. Radikal primer tersebut dapat mengalami reaksi sekunder bersama oksigen yang terurai atau bersama cairan seluler.
  • Autoksidasi : Autoksidasi merupakan produk dari proses metabolisme aerobik. Molekul yang mengalami autoksidasi berasal dari katekolamin, hemoglobin, mioglobin, sitokrom C yang tereduksi, dan thiol. Autoksidasi dari molekul diatas menghasilkan reduksi dari oksigen diradikal dan pembentukan kelompok reaktif oksigen. Superoksida merupakan bentukan awal radikal. Ion ferrous (Fe II) juga dapat kehilangan elektronnya melalui oksigen untuk membuat superoksida dan Fe III melalui proses autoksidasi.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai herbal melawan radikal bebas dan sebagai antioksidan tubuh melawan berbagai macam penyakit.

  • Acai Berry

AcaiBerry

AcaiBerry

Buah acai mengandung beberapa unsur yang disebut anthocyanins dan flavonoids. Kata ‘anthocyanins’ tersebut berasal dari dua kata Yunani yang berarti ‘tanaman’ dan ‘biru’. Anthocyanins merupakan zat yang bertanggung jawab atas unsur merah, ungu, dan biru sebagai warna pada buah-buahan, sayuran, dan bunga. Makanan yang banyak mengandung anthocyanins – seperti blueberry, anggur merah, wine merah, dan acai – memiliki warna yang sangat kuat, berkisar antara ungu tua hingga hitam.

Anthocyanins dan flavonoids merupakan antioksidan yang tinggi yang bisa membantu pertahanan tubuh melawan tekanan stress sehari-hari. Mereka juga memiliki peranan penting dalam pencegahaan sistem sel tubuh. Radikal bebas adalah produksi berbahaya yang dihasilkan oleh tubuh.

  • Teh Hijau

Teh Hijau

Teh Hijau

Teh sebenarnya tidak hanya mampu menjadi antioksidan dalam tubuh kita. Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menangkal semua radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam teh sangatlah tinggi dan dapat melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit yang sangat berbahaya. Anda yang tinggal di lingkungan dengan polusi yang tinggi akan berpotensi untuk mendapatkan penyakit dari paparan radikal bebas tersebut. Dengan rajin meminum teh kita juga bisa menghindarkan diri dari bahaya penuaan dini. Banyak manfaat dari teh selain untuk menangkal radikal bebas.

  • WolfBerry

WolfBerry

WolfBerry

Antioksidan, seperti namanya antioksidan adalah berbagai bahan kimia yang bereaksi dan menetralisir aksi radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh kita. Radikal bebas, jika dibiarkan saja, dapat merusak jaringan, sel, membran sel, dan DNA dari waktu ke waktu, sehingga dapat mengembangkan berbagai penyakit. Studi penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi wolfberry dapat membantu dalam pengurangan kondisi medis yang berkaitan dengan radikal bebas. Antioksidan yang ada dalam goji berry juga dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Magnesium

Magnesium

Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang memiliki kemampuan mencegah terjadinya  pembentukan bekuan darah, menurunkan tekanan darah. Ia juga dapat mencegah terjadinya komplikasi yang berhubungan dengan diabetes, serta membantu menjaga kesehatan tulang.  Selain itu Magnesium juga memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya penyakit jantung dan ampuh dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Magnesium adalah mineral yang mampu menjaga kecantikan dengan kemampuan  anti aging yang dimilikinya.

  •  Sari Cuka Apel

Sari Cuka Apel

Sari Cuka Apel

Kandungan zat quercetin membantu melindungi otak dari radikal bebas serta mencegah dari penyakit Alzheimer yakni penyakit kemerosotan fungsi otak.

Diperkaya pula dengan kandungan fitokimia. Fitokimia, yakni zat antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dari berbagai ancaman polusi udara dan lingkungan sekitar. Selain itu fitokimia yang dapat membantu menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah.

  • Kalium

Kalium

Kalium

Kalium adalah salah satu jenis mineral yang sangat penting untuk tubuh. Kalium memiliki pekerjaan sebagai elektrolit dalam tubuh sehingga berfungsi untuk mengirimkan sinyal listrik ke seluruh tubuh. Mineral kalium tidak dapat dibentuk dalam tubuh sehingga kita harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalium. Ginjal dalam tubuh berperan untuk mengatur kadar kalium yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk untuk mengatur pengeluaran kalium dari air seni.

  • Oxxynea

Oxxynea

Oxxynea

Oxxynea, terdiri dari anggur merah, anggur putih, orange, grapefruite, bilberry, pepaya, nanas, strawberry, apple, apricot, cherry, blackcurrant, tomat, wortel, green tea, brokoli, kol hijau, onion, garlic, olive, gandum kuman, ketimun, asparagus.

Sebuah bubuk antioksidan 22 buah-buahan dan sayuran standard di polifenol dan nilai orac 1 gr oxxynea memberikan nilai orac 5000 kaya akan polifenol, flafonoid, karotenoid, likopen dan berbagai vitamin.
Oxxynea, banyak mengandung Vitamin A,B,C,D dan E, sangat diperlukan oleh organ tubuh terbesar (kulit). Pusat kekuatan antioksidan yang ditemukan dalam oxxynea adalah menguntungkan dalam memperlambat proses penuaan, menghambat LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker.

 

Herbal tradisional radikal bebas Bioalpha AOX 28 yang menggunakan bahan alami ekstrak Acai Berry , ekstrak teh hijau , ekstral wolfberry , magnesium , sari cuka apel dan kalium.

Bioalpha Aox 28

Bioalpha Aox 28

Produk Bioalpha AOX 28 adalah suplemen zat antioksidan yang paling komprehensif dan formula istimewa berbahan aktif 100% alami dari 28 makanan sehat yang kaya antioksidan termasuk beta-karoten, lutein, likopem, vitamin C dan E, polifenol, flavonoid, selenium, superoxide dismutase (SOD) untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Semua bahan secara hati-hati dipilih untuk memastikan konsentrasi yang tinggi oksidan, nutrisi serta mineral yang seimbang.
Produk Bioalpha AOX 28 yang dikemas praktis berupa sachet gel nutrisi dan diperkaya dengan Oxxynea pembangkit antioksidan, menyediakan unit additional ORAC untuk porsi harian Anda terhadap buah-buahan dan sayuran.
Rasakan energi pembangkit Alam dan Nikmat produk bioalpha AOX 28 kapan saja dan dimana saja tanpa perlu air, untuk keseimbangan muda yang terus ditingkatkan.
AOX 28 adalah 100% alami campuran 25-makanan yang kaya antioksidan yang menunjang kesehatan secara keseluruhan. Semua bahan secara hati-hati dipilih untuk memastikan konsentrasi yang tinggi antioksidan, nutrisi, enzim dan mineral seimbang.
28 Utama Bahan Aktif: Merah dan anggur Putih, Orange, Grapefruit, Bilberry, Pepaya, Nanas, Strawberry, Apple, Apricot, Cherry, blackcurrant, Tomat, Wortel, Green Tea, Brokoli, Hijau Kubis, Bawang, Bawang putih, Olive, benih gandum , Ketimun, Asparagus, Acai Berry Extract 3100mg, Wolfberry Extract 1480mg, Green Tea Extract 300mg, Kalium, Magnesium, Apple Cider Vinegar 9160mg.

Informasi mengenai Produk Bioalpha Aox 28 :

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak person pada website.