Cara Mengatasi Sakit Mata Merah dan Bengkak

Cara Mengatasi Sakit Mata Merah dan Bengkak

Ketika seseorang mengalami mata bengkak, itu akan membuatnya tak nyaman, baik secara fisik maupun psikis. Memang mata bengkak ada yang sakit dan ada yang tidak, namun sudah pasti ini dapat merusak penampilan sehingga banyak yang izin tidak bekerja atau sekolah karena masalah yang satu ini.
Mengetahui penyebab mata bengkak amatlah penting agar kita dapat dengan mudah mengobatinya dan mencegahnya sehinnga kejadian serupa tidak terulang kembali. Mungkin ada yang matanya bengkak setelah menangis, terkena debu, terkena pukul, atau tidak tahu dengan pasti kenapa tiba-tiba bengkak.
Yang saya maksud mata bengkak disini adalah karena bengkaknya kelopak mata, hal ini dapat terjadi ketika ada peradangan atau kelebihan cairan (edema) pada jaringan ikat di sekitar mata. Mata bengkak bisa menyakitkan dan tidak menyakitkan, dan mempengaruhi baik kelopak mata atas maupun bawah.
Pembengkakan pada kelopak mata dapat disebabkan oleh kondisi ringan seperti setelah menagis atau alergi, tetapi juga bisa menjadi tanda suatu masalah kesehatan yang berpotensi mengancam penglihatan yang lebih serius, seperti selulitis orbital , penyakit Graves dan herpes okular.

Penyebab Sakit Mata Merah dan Bengkak

Mata merah dan bengkak di sebabkan oleh bakteri atau virus yang dapat mengakibatkan infeksi dan peradangan pada selaput mata. Selain disebabkan oleh bakteri/virus, mata merah/bengkak juga dapat disebabkan oleh alergi dan iritasi. Untuk membedakan jenis penyakit mata merah/bengkak dan gejalanya adalah sebagai berikut:

Mata merah/bengkak yang di sebabkan oleh virus

Penyakit ini di tandai dengan keluarnya cairan pada mata yang berwarna agak bening dan encer. Penyakit mata seperti ini bersifat menular.

Mata merah/bengkak yang di sebabkan oleh bakteri

Penyakit ini di tandai dengan keluarnya cairan pada mata yang berwarna kekuning kuningan dan kental serta pada mata terasa berat dan sakit serta sering mengeluarkan belek. penyakit mata merah/bengkak seperti ini bersifat menular.

Mata merah/bengkak yang di sebabkan karena alergi

Sakit mata selain di karenakan oleh virus dan bakteri juga dapat disebabkan karena alergi, baik alergi dari debu dan bisa juga benda benda lainnya. Penyakit mata seperti ini dapat berlangsung cukup lama dan tidak termasuk penyakit mata yang bersifat menular.

Mata merah/bengkak yang di sebabkan karena iritasi

Gangguan mata seperti ini ditandai dengan keluarnya cairan mata yang agak kental dan sakit mata karena iritasi tersebut dapat terjadi dari akibat mata kemasukan benda benda kecil atau mata kliliban.
Keempat dari jenis dan penyebab penyakit mata tersebut di atas mempunyai perbedaan tentang penyebab dan cara pengobatannya. Adapun cara mengobati penyakit mata merah/bengkak yang bersifat menular adalah sebagai berikut.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Fungsi mata dalam kehidupan merupakan sesuatu yang sangat penting dan tidak tergantikan fungsinya oleh apapun, oleh karena itu, hendaknya kita harus menjaganya dan merawatnya. Adapun usaha-usaha untuk menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan cara:
  • Menjaga kebersihan mata dari kotoran
Usaha yang dapat di lakukan untuk menjaga kebersihan mata dapat di lakukan dengan memakai pelindung mata, terlebih-lebih saat beraktivitas di luar yang memungkinkan adanya debu dan juga saat berkendara.
  • Menjaga aktivitas mata
Menjaga aktivitas mata dapat di lakukan dengan menghindari kecapean pada mata akibat kesalahan/kecerobohan dalam beraktivitas, misalnya menonton TV dengan jarak yang terlalu dekat, jarak pandang mata dalam membaca dll.
  • Hati-hati dengan mengucek mata menggunakan tangan
Mata gatal atau mata habis keliliban akan memancing tangan kita untuk menguceknya, hindarilah mengucek mata menggunakan tangan karena di hawatitkan adanya kotoran yang berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi pada mata.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A
Vitamin A adalah vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata, bahkan mengkonsumsi vitamin A juga dapat mempercepat penyembuhan penyakit mata merah/bengkak, adapun vitamin A dapat di peropleh dari wortel.
  • Mengistirahatkan mata
Hindarilah aktivitas mata yang berlebihan, misalnya duduk di depan komputer yang terlalu lama, membaca buku yang terlalu lama, menyulam kain terlalu lama hal tersebut dapat membuat mata kecapekan yang dapat mengakibatkan sakit mata, untuk itu, istirahatkan mata walaupun sejenak untuk aktivitas seperti tersebut.

Ingat mencegah lebih utama dari pada mengobati, bila anak Anda mengalami sakit mata anda tidak perlu panik dan khawatir karena S LUTENA menjawab segala permasalahan kesehatan mata anak anda.Demikian artikel Obat Mata untuk Anak semoga saja manfaat .

Cara Mengatasi Sakit Mata Merah dan Bengkak

Cara Mengatasi Sakit Mata Merah dan Bengkak

Selengkapnya tentang herbal Slutena bisa dilihat di link di bawah ini !!!!!!!

Untuk order dan pemesanan silahkan langsung hubungi kontak person yang tertera pada website.

Cara Mengatasi Sakit Mata Merah dan Bengkak

%d bloggers like this: